Berita, Politik

Pilpres 2019, KH Ma’ruf Amin Kunci Kemenangan Jokowi

Dalam pemilu presiden 2019 kemarin, pasangan capres-cawapres Jokowi- KH. Ma’ruf Amin berhasil menang atas pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Kemenangan 01 tidak lepas dari peran kunci KH. Ma’ruf Amin yang berhasil membentengi Jokowi dari isu agama.

Hal itu diungkapkan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali. Dia menilai, kemenangan Jokowi tidak lepas dari keberhasilannya menarik suara Nahdlatul Ulama.

“Meski Ma’ruf bukan sosok yang mengakar, karena beliau lahir dari kalangan elite, tapi simbol dia sebagai Rais Aam (PBNU), melihat kesakralan Rais Aam ini harus dijaga,” kata Ali dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (29/52019).

Dari data yang berhasil ditemukan Alvara Research, tingkat keterpilihan Jokowi di daerah berpenduduk muslim tidak terlalu membanggakan. Semakin tinggi penduduk muslim di suatu daerah, semakin kecil pula keterpilihan Jokowi. Namun dua provinsi menjadi anomali, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Jawa Tengah dan Jawa Timur, penduduk muslim besar, tapi di sana Jokowi menang. Di mana di situ, ada gabungan basis suara NU, Nasionalis, dan PDIP,” ungkap Ali.

Dari data Komisi Pemilihan Umum, daerah dengan penyumbang suara terbesar memang berada dari tiga provinsi di Pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Jokowi hanya gagal menancapkan pengaruhnya di Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *