Tak Mudah Atasi Konflik Papua, Kecuali. . .

TERASBINTANG.com — Konflik yang terjadi di Papua tidak bisa dianggap sepele. Ibarat api dalam sekam, masalah tersebut bisa tiba-tiba meletup kapan saja jika ada pemicunya.

Yan Mendenes selaku anggota DPR asal Papua mengatakan, penyelesaian masalah Papua akan terjadi jika ada tokoh pemersatu yang bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat di sana.

“Harus ada tokoh yang bisa mempersatukan dan diterima masyarakat Papua karena untuk menarik simpati masyarakat Papua tidak mudah,” kata Ya Mendenes dalam acara diskusi yang diadakan Forum Mahasiswa Primordial Indonesia (FMPI) di Auditorium Komunikasi Fisip Universitas Indonesia Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

Lebih lanjut diungkapkannya, jika masalah Papua tidak diatasi dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan dimanfaatkan provokator. Dia menganggap perlu hadirnya pemerintah pusat untuk terus melakukan pendampingan terhdap pemda setempat.

“Yang diperlukan hanya pendampingan terhadap pemda Papua agar perangkat daerah lebih maksimal menjalankan roda pemerintahan,” tandasnya.

Selain Yan Mendenes, pemicara lainnya dalam diskusi yang mengusung tajuk Upaya Meujudkan Perdamaian di Bumi Cenderawasih, Hindarkan Masyarakat dari Provokasi dan Hoax adalah Tommi Tirtawiguna (Kominfo RI) dan Arland Suruan (pemerhati masalah Papua).

Tommi Tirtawiguna dalam kesempatan itu mengatakan, permasalahan di Papua semakin runyam dengan adanya informasi hoax yang sengaja disebar pihak-pihak tak bertanggung jawab. Hal senada juga diungkapkan Arland.

“Semua harus digandeng untuk menangkal hoax,”kata Arland Suruan di hadapan para peserta diskusi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*